Karya Ilmiah Peluang Bisnis Kaos Lukis


KARYA ILMIAH
PELUANG BISNIS 
“KAOS LUKIS”

                                     


 



Disusun Oleh:

NAMA                 : NORNAVIDAH
NPM                    : 15.02.9118
KELAS                : D3MI04
KELOMPOK       : B






ABSTRAK

       Dijaman modern seperti saat ini baju atau pakaian tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pokok semata, melainkan lebih kepada gaya hidup atau fashion. Setiap orang pasti merasa bangga jika disain pakaian yang dikenakannya terlihat menarik atau fashioneble. Apalagi kalau pakaian tersebut di padukan dengan seni lukis bernilai tinggi. Sepertihanya peluang usaha Kaos lukis. Permintaan masyarakat terhadap kaos lukis kini menunjukkan peningkatan. Meski belum memiliki data resmi mengenai tingkat produksi dan konsumsi kaos lukis di Indonesia, saya melihat kemunculan distro-distro yang menyediakan kaos lukis di berbagai daerah di Indonesia sebagai pertanda bagus bagi perajin kaos lukis. Bisnis kaos lukis ini memiliki beberapa keuntunan diantaranya:
  1. Tidak memerlukan modal besar.
  2. Tidak membutuhkan peralatan canggih.
  3. Peluang pasar masih terbuka lebar.
  4. Bisa dikerjakan di rumah.
 




BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
            Semua orang pasti memerlukan baju atau pakaian guna untuk kebutuhan pokok hidupnya. Namun dijaman modern seperti saat ini baju atau pakaian tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pokok semata, melainkan lebih kepada gaya hidup atau fashion. Setiap orang pasti merasa bangga jika disain pakaian yang dikenakannya terlihat menarik atau fashioneble. Apalagi kalau pakaian tersebut di padukan dengan seni lukis bernilai tinggi. Sepertihanya peluang usaha Kaos lukis. Permintaan masyarakat terhadap kaos lukis kini menunjukkan peningkatan. Meski belum memiliki data resmi mengenai tingkat produksi dan konsumsi kaos lukis di Indonesia, saya melihat kemunculan distro-distro yang menyediakan kaos lukis di berbagai daerah di Indonesia sebagai pertanda bagus bagi perajin kaos lukis.

Bisnis ini cukup menarik. Faktor keterampilan dalam menggoreskan cat ke media kanvas menjadi modal utama agar kaos lukis menjadi menarik. Bukan hanya itu motif yang beragam juga menjadi minat para konsumen terutama motif-motif yang mengikuti gaya anak muda saat ini.
Biasanya jenis cat yang digunakan untuk melukis di media kaos adalah cat tekstil/akrilik. Cat ini dipilih karena tidak mudah luntur dan tahan lama. Untuk jenis kaos yang digunakan adalah kartun polos.

          Kalau Anda punya bakat melukis, dan belum berkesempatan memperoleh pekerjaan formal, insya Allah ini merupakan kabar baik. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menekuni usaha kaos lukis.

B.   Tujuan dan Manfaat Penulisan
        Adapun Tujuan :

1.       Membuat inovasi untuk mengembangkan usaha kaos lukis.
2.       Mendapatkan keuntungan berupa uang
3.       Membuka peluang bisnis.
4.       Membuat inovasi terbaru dari sebuah lukisan.


BAB II
PEMBAHASAN

Setiap orang pasti merasa bangga jika disain pakaian yang dikenakannya cuma satu-satunya di dunia. Apalagi kalau pakaian tersebut merupakan perpaduan antara bahan tekstil berkualitas baik dengan seni lukis bernilai tinggi. Wajar saja kalau harga yang harus dibayarkan untuk memiliki pakaian tersebut sangat mahal. Peluang inilah yang pasti muncul di benak kita, dengan kretifits yang kita miliki untuk mencapai suatu karya seni yang bernilai tinggi tidaklah mudah, terlebih dahulu kita hrus menyisingkan lengan kita kita untuk mebuka usaha dan bekerja keras agar usaha yang kita jalankan dapat menjadi berkembang dan sukses.
            
          Dengan membuat desain textile yang benilai seni tinggi dan orang lain tidak gampang menirunya tentu menjadi daya tarik dan harga jual tersendiri untuk setiap hasil kreatifitas yang kita ciptakan, sehingga membuat para konsumen atau penyuka textile pun menjadi tertarik untuk membeli hasil dari kerajinan dan kreatifitas yang telah kita ciptakan. Semua orang pasti akan membeli baju atau pakaian guna untuk kebutuhan pokok hidupnya. Membuat pakaian dengan membubuhi karya seni lukis tentu menjadi cirri khas dan daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya. Peluang usaha baju lukisan tangan ini memang sudah jarang, namun jika kita ambil segi positifnya maka tentu saja kita terus kembangkan dan jangan menyerah sampai disitu, karena dengan berkurangnya pengusaha atau pebisnis yang menjual karya seni yang sama dengan kita tentu menjadi berkurangnya saingan bisnis kita.
 
            Hal tersebut dapat kita manfaatkan karena jumlah penyuka dari lukisan baju tangan ini tidaklah sedikit apalagi pacinta lukisan baju mereka akan terus memburu jenis karya seni lukisan baju yang di tinggalkan. Untuk memperkenalkan hasil karya seni kita atau pemasaran kita dapat memilih berbagai jenis media agar orang tahu karya seni kita diantaranya seperti pameran, kita harus rajin untuk pameran karena salah satu cara ini merupakan yang efektif. Untuk harga kita dapat menjualnnya dengan bervariasi. Harga yang paling murah untuk kaos berbahan polyester yang dilukis dengan cat tekstil pigmen, sementara yang paling mahal berupa gaun malam berbahan sutera yang dilukis menggunakan cat tekstil reaktif.

Bahan-bahan atau peralatan dalam membuat kreasi sepatu dan tas lukis :
·         Tatakan gambar/ Palet plastik
·         Pensil untuk membuat sketsa
·         Vernish (opsional) / Pylox Glossy Varnish
·         Cat akrilik, merk termurah yaitu “marries” harga mulai dari Rp. 20.000 – Rp. 50.000
·         Waterproof paint market
·         Kaos berwarna polos

Langkah-langkah membuatnya :
1.      Tuang cat akrilik ke palet
2.      Berikan warna dasar dengan warna background gambar yang akan dibuat
3.      Sketch gambar ataupun motif dengan pensil
4.      Jika sudah, kaos siap dilukis sesuai motif menggunakan kuas
5.      Setelah selesai, keringkan sekitar 12-14 jam dibawah sinar matahari untuk sepatu tergantung tebal tipis sepatu dan cat
6.      Setelah kering, gunakan pylox glossy varnish untuk melapisi
7.      Untuk hasil maksimal, keringkan dibawah sinar matahari selama 2 jam.


Referensi

http://retnosyahri.blogspot.co.id/2014/03/karya-ilmiah-peluang-bisnis.html


Share on Google Plus

About nurna

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar